sponsor

Slider

Seputar Bekasi

Pemerintahan

Tokoh

Kuliner

Piknik

Olah Raga

» » Muspida Bekasi Antisipasi Banjir Susulan

KOTA - Pemerintah Kota Bekasi tetap waspada untuk mengantisipasi datangnya banjir susulan.

“Kabarnya tanggal 27 Januari mendatang akan ada banjir lagi, bahkan lebih besar dari yang kemarin. Pemkot Bekasi tetap akan waspada,” kata Kepala Badan Kebangpolinmas Kota Bekasi, Agus Darma.

Beberapa persiapan yang dilakukan adalah menyiapkan peralatan untuk keperluan evakuasi cepat, seperti perahu karet dan pelampung. Selain itu, juga menyiagakan tim tanggap bencana di bantaran Kali Cikeas dan Kali Bekasi.

“Daerah bantaran Kali Cikeas dan Kali Bekasi adalah paling rawan terkena banjir. Jika nanti ada banjir kiriman, maka langsung bisa dievakuasi secara cepat,” kata Agus.

Selain itu, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan instansi lain untuk membuat tanggul darurat di bantaran Kali Cikeas dan Kali Bekasi, dengan karung berisi pasir. Hal ini dimaksudkan untuk menahan luapan air sungai.

“Logistik banjir juga tetap akan disiapkan, sehingga para pengungsi bisa langsung tertangani dengan baik,” kata Agus.

Langkah antisipasi tersebut dilakukan setelah beredar kabar bahwa pada medio 26-29 Januari akan kembali terjadi banjir bahkan potensi lebih besar dari sebelumnya. 


Infonya, pada 27 Januari, Bulan akan berada di puncak purnama. Pada saat itu, air pasang di laut akan lebih tinggi sehingga tak dapat menampung air yang berasal dari daratan sehingga potensi banjir diprediksi akan melebihi banjir sebelumnya.

“Informasi itu ramai diberitakan di media, meskipun belum valid dan perlu diuji kebenarannya, karena banyak pro dan kontra. Tapi tidak ada salahnya jika kita tetap bersiap,” pungkas Agus.

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir besar melanda Kota Bekasi pada tanggal 17-19 Januari lalu, menenggelamkan 39 perumahan dan pemukiman di 10 kecamatan. Sebanyak 16.570 orang terpaksa mengungsi dan harus kehilangan harta bendanya yang tergerus air banjir. Banjir terparah adalah di sepanjang bantaran Kali Cikeas dan Kali Bekasi.
(amel)



«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply