sponsor

Slider

Seputar Bekasi

Pemerintahan

Tokoh

Kuliner

Piknik

Olah Raga

» » » Pejabat Eselon Tandatangani Pakta Integritas

Kota Bekasi – Di sela-sela pelaksanaan apel pagi, Senin (25/2/2013), para pejabat eselon II dan III tandatangani pakta integritas sebagai evaluasi yang telah dilakukan beberapa tahun lalu.

Walikota Bekasi Dr.H.Rahmat Effendi didampingi Inspektur Kota Bekasi, Cucu Much. Syamsudin, SH menyaksikan langsung penandatanganan pakta integritas ini. Dan yang secara simbolis menandatangani pakta integritas ialah Sekda Kota Bekasi, Drs.H.Rayendra Sukarmadji, MSi, Kepala Disporbudpar Kota Bekasi Imanudin, SE, MSi, Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kota Bekasi Drs. M.Soelam Taufik Ali, MSi dan Camat Jatiasih Drs.Ahmad Zarkasih.

Dalam pakta integritas tersebut, mereka menyatakan janji dan kesanggupan untuk melaksanakan 14 hal sebagai berikut:
1. Tidak akan melakukan praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN)
2. Berperan secara pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela, asusila, narkoba, minuman keras dan perbuatan lainnnya yang melanggar PeraturanPerundangan-Undangan yang berlaku.
3. Tidak akan meminta atau menerima dan tidak akan memberikan atau menjanjikan suatu pemberian baik  secara langsung atau tidak langsung  berupa suap, hadiah, bantuan, atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
4. Bersikap transparan, jujur, obyektif, akuntabel, dan senantiasa menjaga kinerja dan integritas dalam melaksanakan tugas.
5. Memegang teguh komitmen, bahwa transparansi akan tetap diterapkan pada seluruh kegiatan yang diperbolehkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku yang dilaksanakan di bawah wewenang saya.
6. Menghindari pertentangan kepentingan (conflict of interest) dalam pelaksanaan tugas.
7. Mentaati dan mematuhi terhadap konstitusi, hukum dan peraturan perundang undangan yang berlaku dalam melaksanakan tugas.
8. Memberikan pelayanan kepada masyarakat secara adil, transparan dan tidak diskriminatif.
9. Bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai dengan tupoksi dan kinerja yang telah ditetapkan.
10. Akan menyampaikan informasi penyimpangan integritas, serta turut serta menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkannya;
11. Saya akan menyediakan rincian informasi secepat mungkin ketika diminta oleh pimpinan yang berkaitan dengan hal-hal dan kegiatan yang berada di dalam kewenangan saya.
12. Saya bersedia memberikan keterangan, baik lisan maupun tertulis, kepada Tim Pengelola Pengaduan, apabila ada pengaduan menyangkut diri saya ataupun organisasi di bawah tanggung jawab saya.
13. Saya bersedia dengan kemampuan saya untuk memberikan bantuan/dukungan kepada pengungkap/saksi yang menyangkut dengan adanya praktek suap, KKN atau pun yang sejenisnya di bawah wewenang saya.
14. Saya bersedia menerima sanksi termasuk pemberhentian dari jabatan apabila berdasarkan hasil evaluasi secara periodik saya terbukti melanggar Pakta Integritas dan atau saya tidak berhasil mencapai target kinerja sesuai dengan kontrak kinerja yang telah saya tandatangani serta tidak akan melakukan tuntutan hukum atas tindakan sanksi yang diberikan Walikota Bekasi kepada saya.

Dalam arahannya walikota mengatakan pakta integritas bukan seperti membalikkan telapak tangan melainkan membutuhkan proses, dukungan sehingga secara bertahap terjadi perubahan yang cukup signifikan.
“Ada dinas yang tidak berhasil dan ada dinas yang memiliki keberhasian yang luar biasa, itulah track dari evaluasi pakta integritas ini, dan saya berharap melalui pakta integritas ini terwujud sinergitas, tanggungjawab dan pemerintahan yang lebih baik." terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, walikota juga mengatakan alhamdullilah pilgub jabar kemarin berlangsung aman dan kondusif, dan hari ini tim penilai P2 adipura sudah datang ke Kota Bekasi. Yang perlu digaris bawahi adalah bukan karena kedatangan tim tersebut tapi bagaimana kita secara berkelanjutan membangun budaya, karakter masyarakat dalam rangka membangun akselarasi pembangunan Kota Bekasi. (amel)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply