sponsor

Slider

Seputar Bekasi

Pemerintahan

Tokoh

Kuliner

Piknik

Olah Raga

» » Ahmad Heryawan Bertekad Wujudkan Desa Sejahtera


JAWA BARAT - Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan berkenan membuka secara resmi Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Karawang ke-379.

Dalam amanatnya, gubernur mengingatkan bahwa Jawa Barat bertekat akan meneruskan pembangunan dari desa, dalam rangka menekan urbanisasi dan mempertahankan budaya gotong royong.

“Ada dua alasan, mengapa desa menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pertama, desa kita jadikan basis untuk menekan urbanisasi dengan upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di desa-desa. Kedua, budaya gotong royong dapat terus dipertahankan karena gotong royong ini adalah ciri khas masyarakat desa yang patut dipertahankan. Apalagi, sebagian besar masyarakat Jawa Barat bertempat tinggal di desa-desa,” kata Gubernur Ahmad Heryawan, saat acara pembukaan Hari Jadi Kabupaten Karawang ke-379, di Lapang Karangpawitan, Karawang, Kamis (13/9/2012).

Ahmad Heryawan juga mengklaim, perhatian pemprov dalam membangun desa-desa di seluruh Jawa Barat, selama ini, telah dirasakan dampak positifnya. Hal ini, selain ditunjang pemerintah pusat melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP), tetapi juga pemprov menyediakan kucuran dana untuk desa yang terus ditingkatkan nilainya.

“Tunjangan kinerja pemerintah desa dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, akhir akhir ini telah mencapai Rp15 juta per desa dalam per tahun. Ini kita upayakan untuk ditingkatkan pada tahun anggaran mendatang,” katanya, seraya ia menyebut desa yang mendapat kucuran itu di seluruh wilayah Jawa Barat ada sekitar 4.200 desa atau nilainya mencapai Rp600 miliar.

Bupati Karawang H Ade Swara, dalam sambutannya menyambut baik dan sangat berbahagia karena pembukaan HUT Karawang ke-379 ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat. Lain itu, katanya, acara pembukaan HUT kali ini dirangkai dengan acara terkait PNPM Mandiri Perdesaan se-Jawa Barat yang dipusatkan di Karawang.

“Karena rangkaiannya dengan PNPM Mandiri Perdesaan ini, maka untuk kali pertama pula ulang tahun Kabupaten Karawang tercinta dihadiri perwakilan UPK PNPM Mandiri Perdesaan dari 17 kabupaten/kota se-Jawa Barat,” ungkap Ade Swara.

Dalam kesempatan itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Jawa Barat Dr.Ir.H Dadang Mohamad Ms.ce menyampaikan bahwa dalam hal pembangunan desa pada 2011 lalu Jawa Barat menjadi yang terbaik di tingkat nasional. “Dengan peraihan ini, Gubernur Jawa Barat menerima penghargaan dari pemerintah pusat yang diserahkan Wakil Presiden RI kepada Bapak Ahmad Heryawan,” jelasnya.

Perlu diketahui, hari jadi Kabupaten Karawang tepatnya pada 14 September. Pada HUT Karawang ke-379 tahun 2012 ini, diiringi berbagai kegiatan yang puncaknya jatuh pada Jum’at (14/9). Terkait HUT Karawang, di area Lapang Karangpawitan dan pelataran Masjid Agung Aljihad digelar juga pameran berbagai produk andalan dari berbagai daerah, termasuk dari daerah luar Karawang berpartisipasi dengan mendirikan stand dan memamerkan produk andalan masing-masing, seperti dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Tasikmalaya, Sukabumi, Cianjur, dan lain-lain. (mel)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply