sponsor

Slider

Seputar Bekasi

Pemerintahan

Tokoh

Kuliner

Piknik

Olah Raga

» » Warga Bojongmangu Belajar Mengelola Sampah


BOJONGMANGU -  Kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah perlu ditingkatkan karena masih banyak warga membuang sampah bukan pada tempatnya yang berakibat sampah berserakan dan menumpuk.

Pemahaman terhadap pengelolaan sampah berbasis masyarakat juga dirasakan masih perlu disosialisasikan kepada masyarakat luas dan perlu diterapkan disetiap permukiman warga.

Kepala Bidang Inventarisasi dan Pengembangan Sistem Informasi Lingkungan Hidup PPEJ, Wiryono menjelaskan Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa pada Kementerian Lingkungan Hidup (PPEJ-KLH) menggelar kegiatan Sosialisasi Program Pengembangan Infrastruktur Hijau dan memfasilitasi sarana dan prasarana Bank Sampah yang terintegrasi dengan 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di 53 Lokasi.

"Tahun Anggaran 2012 di Wilayah Regional Jawa terdapat kegiatan mengenai Program Pengembangan Infrastruktur Hijau, yang bertujuan untuk pengendalian pencemaran lingkungan hidup, pengendalian kerusakan lingkungan hidup dan peningkatan kesadaran masyarakat," paparnya saat sosialisasi dihalaman kantor Kecamatan Bojongmangu, Bekasi, Kamis (8/11/2012) pagi.

Dia berharap program ini mampu mengurangi lahan kritis, menciptakan energi alternatif dari kotoran ternak sapi, serta memberikan pemahaman lingkungan hidup dan perubahan perilaku kepada masyarakat luas.

Camat Bojongmangu, Alam mengatakan hasil pegelolaan sistem 3R bukan hanya upaya mengendalikan lingkungan, melainkan dapat dijadikan pemberdayaan bagi warga untuk mengolah sampah menjadi kompos atau kerajinan tangan. Dirinya berharap kegiatan ini dapat berberlanjutan dalam bentuk pelatihan teknis bagi petugas lapangan dan pendampingan secara berkesinambungan.

Dia juga mengajak warganya untuk berpartisaipasi pengendalian pencemaran lingkungan hidup, pengendalian kerusakan lingkungan hidup dan peningkatan kesadaran masyarakat. "Kita bisa lakukan penanaman pohon, IPAL Biogas tinja dan ternak, mengupayakan sarana dan prasarana integrasi bank sampah dan 3R dalam pengelolaan sampah," ," pintanya dihadapan para warga Bojongmangu dan sejumlah pelajar yang hadir dalam acara tersebut

Dilokasi kegiatan juga disediakan satu unit mobil keliling informasi yang menyediakan buku - buku bacaan tentang lingkungan hidup, sehingga tak luput dari perhatian hadirin dan sejumlah pelajar untuk mengunjunginya. (nic)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply