sponsor

Slider

Seputar Bekasi

Pemerintahan

Tokoh

Kuliner

Piknik

Olah Raga

» » Indonesia Kini Punya Lab Uji Doping

BANDUNG - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo Notodiprojo meresmikan gedung Laboratorium Pengujian Doping di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Rabu (20/2/2013). 

Laboratorium tersebut dibangun dengan sumber dana Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) di Kemenpora, yang besarnya sekitar Rp 19 miliar di tahun anggaran 2011.

Menurut Roy, selama ini Indonesia selalu mengirim uji sampel atlet ke luar negeri, yakni ke Malaysia dan Thailand. Dengan dibangunnya gedung ini diharapkan Indonesia bisa menguji sampel doping sendiri.

"Di dunia ini baru ada 34 lab pengujian doping yang bersertifikasi internasional. Ini bisa jadi yang ke-35. Sehingga nanti apabila ada atlet kita yang mau bertarung di ajang Internasional atau regional tidak perlu mengirim sampel ke luar negeri," ujar Roy saat sambutan di acara peresmian di Kampus ITB, Jalan Ganesha, Bandung.

Menurut Roy, dipilihnya kampus sebagai tempat didirikan lab pengujian doping dinilai efisien dan pilihan tepat.

"Pengucuran anggaran kementerian yang ditempel di kampus akan lebih hidup. Salah satu pola semua sarana olahraga akan kita dekatkan dengan kampus-kampus, sehingga kehidupan kampus jalan, olahraga juga hidup," terangnya.

Laboratorium tersebut berada di dalam gedung seluas 3,876 meter persegi, yang terdiri dari 4 lantai. Areal parkir di bagian basement bisa menampung 20 kendaraan, ground floor 36 kendaraan, lantai 3 untuk laboratorium uji, dan satu lantai lain untuk seminar atau pelatihan.

Peresmian gedung ini dilakukan bersama dengan Rektor ITB Akhmaloka dan Wali Kota Bandung Dada Rosada. (amel) (sumber:detik.com) 


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply