sponsor

Slider

Seputar Bekasi

Pemerintahan

Tokoh

Kuliner

Piknik

Olah Raga

» » BEKASI KOTA HIJAU

KOTA -  Hari ini dicanangkan Bekasi Kota Hijau

Pemerintah Kota Bekasi, Rabu (8/5/2013) mencanangkan Bekasi Kota Hijau bertempat di Taman Kota Alun-Alun, Kota Bekasi yang ditandai dengan penanaman pohon serentak di berbagai wilayah di Kota Bekasi.

Walikota Bekasi Dr.H.Rahmat Effendi mengatakan dunia sedang mengalami banyak permasalahan lingkungan, misalnya pencemaran udara, polusi, kemerosotan daya dukung lahan dan lain sebagainya akibat banyaknya pembangunan yang hanya mengutamakan aspek fisik saja tanpa memperhitungkan akibat dan proyeksi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di masa depan dengan adanya program yang dijalankan pada masa ini.

Terutama di negara berkembang konsep pembangunan berkelanjutan nampaknya juga belum bisa diimplementasikan secara efektif dan efesien karena kebanyakan masih berfokus pada kemajuan aspek ekonomi semata.

Akibatnya, banyak kerusakan lingkungan yang terjadi dan bahkan beberapa kerusakan lingkungan tersebut menyebabkan bencana yang menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi masyarakat. Bencana yang banyak timbul ialah banjir, banjir bandang, tanah longsor, perubahan iklim ekstrem, dan khususnya banjir yang beberapa kali melanda Kota Bekasi walaupun sifatnya adalah kiriman.

Kota Bekasi akan mewujudkan secara bertahap standar lingkungan Kota Hijau mulai dari perencanaan dan perancangan kota ramah lingkungan; peningkatan kualitas, kuantitas dan aksesibilitas ruang terbuka hijau; peningkatan kualitas udara dan air; pengurangan sampah dan limbah; pemanfaatan energi yang efisien dan ramah lingkungan; pengembangan sistem transportasi berkelanjutan; penerapan bangunan hijau; peningkatan peran komunitas hijau; serta pengembangan jejaring kerjasama pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam rangka perwujudan kota hijau. (amel)


«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply