sponsor

Slider

Seputar Bekasi

Pemerintahan

Tokoh

Kuliner

Piknik

Olah Raga

» » Lepas Team Pengawasan Hewan Qurban

Upaya-upaya pencegahan penyakit menular dari hewan ke manusia, senantiasa dilakukan oleh pemerintah, seperti pemeriksaan terhadap hewan yang terus menerus dilakukan dan pemberian vaksin terhadap hewan.

Pemeriksaan bukan hanya di lokasi peternakan, juga di lokasi pemotongan hewan. Agar masyarakat yang mengkonsumsi tidak tertular dari penyakit.

Adapun penyakit hewan yang kerap menyerang hewan, menurut Plh. Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan, Ir. H. M. Wahyudi Asmar, kepada bekasikab.go.id, di sela-sela kegiatan Sosialisasi Pembekalan Pemotongan Hewan Qurban bagi Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) se-Kabupaten Bekasi, Sabtu (5/10), mengatakan, " Penyakit hewan ada yang tidak menular, menular ke sesama hewan dan yang paling berbahaya, menular dari hewan ke manusia, seperti anthrax dan scabies."

" Dengan semakin dekatnya Iedul Adha, yang otomatis ada kegiatan pemotongan hewan, yang mungkin langsung dari penjual ke tangan pembeli, perlu dilakukan pengawasan dan pemeriksaan hewan qurban ke DKM-DKM oleh Dinas Peternakan." Lanjut Wahyudi.

Lebih lanjut Wahyudi menerangkan, " Tugas dari team pengawasan nantinya, adalah memeriksa Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), pemeriksaan secara langsung terhadap hewan, serta penyuluhan pemotongan hewan yang baik dan benar, dengan memperhatikan kesejahteraan hewan yang akan di qurbankan."

Menurut H. M. Nurhan, salah satu peserta dari DKM Mesjid Jami' Al-Muhajirin, Perum Sinar Kompas Utama, Tambun Selatan, " Kegiatan ini sangat bermanfaat, kami jadi tahu bagaimana memotong hewan yang baik, yang tidak menimbulkan stress kepada hewan, karena hewan yang stress akan mengakibatkan daging menjadi keras, Insya Allah, kami akan mempraktekannya." (red)



Editor: Robby Al Amien

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply